Kamis, 03 Mei 2012

pengaruh antara boyband girlband indonesia dan campursari

Saat ini di Indonesia banyak bermunculan boyband dan girlband Indonesia yang mengusung gaya dan ciri khas yang unik.
Namun, sangat disayangkan karena keunikan ke-khas-an tersebut sedikit melirik atau meniru gaya Negara asal Boyband muncul, yaitu Korea. Banyak sekali Boyband dan Girlband Indonesia yang berpenampilan dan bergaya ala Korea.
Saya pribadi pun sedikit bangga dan juga kecewa, bangganya ketika anak-anak Indonesia mampu mengekspresikan dirinya melalui musik yaitu boyband dan girlband ini, kecewanya kenapa gaya dan penampilannya tidak mengusung budaya Indonesia, mengapa harus meniru gaya Korea.
Di lain sisi, seiring bermunculannya boyband dan girlband yang mayoritas diperankan oleh anak-anak muda, eksistensi budaya musik asli Jawa mulai menurun.
Munculnya boyband dan girlband telah menghipnotis anak-anak muda Indonesia untuk bergaya ala Korea, mereka menjadi kurang peduli dengan budaya sendiri dan bahkan hampir melupakan budaya asli negaranya.
Campursari adalah musik tradisional Jawa, seiring perkembangan Boyband dan Girlband Indonesia, campursari lambat laun tak ada kabarnya. Musik Tradisional Indonesia ini tidak pernah didengar oleh anak-anak muda sekarang ini.
Boyband dan Girlband seperti SNSD, Super Junior, SMASH, dll lah yang sekarang ini banyak dicari orang, bukan ingin melarang namun hanya ingin mengingatkan untuk jangan melupakan tradisi lokal.
Mungkin beberapa tahun lagi, Campursari menjadi langka dan telah tergeser oleh gaya-gaya musik luar seperti boyband dan girlband.
Seandainya boyband dan girlband Indonesia berpenampilan sesuai etnik budaya Indonesia, dan bergaya sesuai budaya Indonesia, saya rasa ini akan membuat hal yang berbeda dan lebih diterima dengan baik lagi di Indonesia.
Saat ini anak-anak muda hanya lah gengsi semata, mereka enggan mengenal budaya tradisional mereka sendiri, karena meraka menganggap itu kuno, itu NDESO :D . Namun sebenarnya semua itu adalah ciri negeri kita, Negeri Indonesia yang penuh Budaya.
Dan semua itu adalah pengaruh dari Teknologi. Saat ini teknologi telah membuat semuanya lebih mudah, namun kemudahan itu telah membutakan keaslian negeri ini, perkembangan boyband dan girlband di Indonesia sangat cepat karena pengaruh teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar