Selasa, 01 Mei 2012

demam boyband dan girlband di indonesia

Kawan Remaja pasti sudah tahu kan kalau di Indonesia sekarang ini lagi eksis banget yang namanya boyband dan girlband ???
Boyband dan girlband yang banyak dinikmati dan digemari terutama oleh kalangan remaja ini, awal mulanya berasal dari Amerika dan negara – negara Asia Timur, terutama Korea dan Jepang. K-Pop alias boyband asal Korea dan Jepang disukai oleh banyak remaja mulai dari personilnya yang keren, ganteng, cantik dengan wajah oriental mereka kemudian lagu, aksi dance, gaya rambut ,  sampai style fashion mereka yang unik dianggap sebagai trendsetter masa kini. K-Pop yang booming banget di berbagai negara, termasuk Indonesia, seperti DBSK, Super Junior, Shinee, Teen Top, MBLAQ, BigBang, Girls Generation, 2PM, dan masih banyak lainnya ini memberikan efek yang cukup besar di Indonesia.
Demam K-Pop yang melanda di Indonesia  menyebabkan banyak munculnya boyband dan girlband Indonesia yang dipandang beberapa pihak dan penikmat musik di Indonesia sebagai plagiat atau ‘ tiruan’ dari K-Pop yang sedang naik daun. Jika dilihat dari berbagai sisi, memang sih harus diakui kalau boyband dan girlband Indonesia memiliki banyak kemiripan dengan K-Pop yang ada, mulai dari jumlah personil, lagu, aksi dance, gaya rambut, dan style fashion mereka. Menurutku, sebenarnya boyband dan girlband Indonesia sudah punya potensi dan bekal buat langkah mereka dalam kancah permusikan. Hanya saja, kenapa sih mereka nggak usaha buat ciptain gaya, style, dan image mereka sendiri yang lebih disesuaikan dengan budaya Indonesia. Kenapa harus mirip atau meniru K-Pop yang terkenal? Dengan meniru, entah kenapa lagu dan aksi dance yang keren dan memukau dari K-Pop jadi kurang pas dan nggak wow lagi kalo ditampilin sama boyband dan girlband di Indonesia.
Image K-Pop yang terkesan cute, centil, dan manja sebenernya juga lebih baik nggak ditiru. Kalo orang – orang Korea dan Jepang punya ciri khas tersendiri untuk boyband dan girlbandnya, seharusnya kita sebagai orang Indonesia yang lebih kaya budaya juga harus punya ciri khas tersendiri yang bisa bikin boyband dan girlband Indonesia mendapat dua acungan jempol.    Selama boyband dan girlband Indonesia masih cenderung meniru dan nggak menciptakan  sesuatu yang beda, BB dan GB Indonesia bakal susah buat bersaing dengan boyband dan girlband di penjuru dunia lainnya. Apalagi ditambah kemampuan vokal dan aksi dance yang bisa dibilang masih kalah jauh dibanding K-Pop. Menurutku, vokal dan aksi dance serta performance mereka yang kurang oke itu karena mereka adalah produk instan dari manajemen – manajemen artis dan perusahaan recording yang mengorbitkan mereka. Satu kesalahan yang juga membuat BB dan GB Indonesia mudah menurun dan menghilang namanya adalah karena performance mereka secara live yang terkadang mengecewakan para fans yang melihatnya. Belum lagi, banyak juga BB dan GB Indonesia yang lipsinc waktu tampil secara live. Hal – hal semacam itu semakin nebubjukkan kalau suara dan aksi dance mereka yang asli nggak bisa sebagus di video klip atau rekaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar