Kamis, 03 Mei 2012

girlband dan boyband di indonesia berumur pendek

Pengamat musik Denny Sakrie memprediksi umur girlband atau boyband tidak akan lama lagi. »Paling lama umurnya satu tahun lagi, atau paling cepat enam bulan lagi saja,” katanya saat dihubungi pada Senin 16 April 2012.

‘Kepunahan’ yang tergolong cepat itu, kata Denny, karena mereka tidak disertai dengan kemampuan vokal yang baik. Grup semacam ini cenderung hanya mengandalkan penampilan fisik. »Mungkin, dari tujuh orang anggotanya, yang bisa nyanyi hanya dua atau tiga saja,” katanya.

Menurut Denny, girlband atau boyband yang sedang naik daun saat ini hanya karena terlalu diekspos oleh media, baik televisi, cetak, hingga Internet.

Faktor lain usia grup semacam ini berumur pendek adalah kurangnya pendengar dan peminat jenis musik ini. Rata-rata penggemar girlband dan boyband adalah anak belasan tahun. Selain itu, tidak semua ABG yang suka, sehingga hanya kelompok kecil yang menyukai para penyanyi dengan jumlah personel banyak ini.

Menurut Denny, girlband dan boyband Indonesia tidak bisa disamakan dengan K-Pop atau Korean Pop yang sedang marak. Perbandingannya, K-Pop mempersiapkan personelnya selama kira-kira dua tahun, berbeda dengan girlband dan boyband Indonesia yang dipersiapkan secara instan.

»Mereka itu cuma mengejar momen K-Pop. Karena lagi tren, grup semacam ini muncul, tanpa persiapan matang,” ujarnya.

Denny menyarankan, apabila para girlband dan boyband ingin bertahan, kemampuan vokal mesti diperbaiki. »Kualitas vokal mereka harus bagus dulu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar