Kamis, 03 Mei 2012

girlband edan boyband ala K-pop tidak akan bertahan lama

KUALITAS sebuah band dibentuk di atas panggung. Namun, jika band hanya mampu membawakan lagu ciptaan orang, terlebih melakukan lipsync, maka bersiaplah untuk tersingkir.

Trend musik K-Pop (Korean Pop) yang melanda kawula muda Indonesia saat ini cukup fenomenal. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kelompok vokal yang muncul dengan gaya ala boyband atau girlband Korea.

Seringnya mereka tampil lipsync (bernyanyi dengan iringan tape playback) dalam acara musik di panggung televisi, membuat nilai kreativitas terkubur.

Menurut pengamat musik Bens Leo, jika cara tersebut dimaksudkan demi promosi, maka akan menimbulkan unsur apresiasi yang kurang baik. Penampilan yang tidak orisinil hanya akan menimbulkan cibiran di waktu yang akan datang.

"Mereka umumnya pakai minus one (ada musik iringan, kemudian diisi dengan vokal). Bahkan diantaranya ada yang playback, jadi mereka nyanyi lipsync, hanya mulutnya aja yang komat-kamit," kata Bens, Jumat (10/2).

Bens mengatakan, kreativitas terletak pada orisinalitas sebuah band. Ketika tampil live di panggung, mereka mampu mengeluarkan aksi terbaiknya.

"Mereka (Boyband dan Girlband ala korean pop) nyanyi aja belum tentu bener. Kita tidak dapat berharap banyak dari itu, karena mereka kebanyakan lipsync nya. Mudah-mudahanan tren ini sebentar saja," tutur Bens.

Beruntung bagi Boyband dan Girlband yang telah mendapatkan kontrak iklan. Karena, lanjut Bens, paling tidak kondisi finansial mereka akan aman setidaknya selama satu tahun. Jika tidak mendapatkan iklan, mereka akan tersisih dari persaingan boyband girlband sebab mereka bukanlah pencipta lagu.

1 komentar:

  1. Yakin???? Buktinya ada loh yg masih bertahan sampe 18 tahun dan masih terus aktif sampe sekarang,namanya SHINHWA .Mereka ciptain lagu sendiri,produserin sendiri juga dan masih populer sampe sekarang.Kekuatan fans seluruh dunia yg begitu besar bikin mereka bertahan sampe sekarang.Mereka ciptain perusahaan sendiri bahkan.Siapa bilang kpop itu nggak bermutu hah? Mungkin karena lagu mereka yg nge beat aja jadi kemampuan vokal mereka nggak terlalu kelihatan.Padahal mereka dilatih bertahun tahun bahkan bisa sampe 6 tahun , bahkan dari kecil cuma buat jadi artis nggak kayak artis kebanyakan yg munculnya instan (makannya bubarnya instan juga).Dari mulai ngedance,nyanyi,cara tampil di depan kamera,dsb.Kualitas suara mereka bagus loh coba aja dengerin mereka solo perform.Dance apalagi.Untuk masalah lypsinc,emang situ kuat suruh nyanyi 30 lagu nonstop live semua? Pake dance pula.Suruh senam 2 jam aja udab capek paling.Biasanya nih ya cuma beberapa aja yg lypsinc.Di indo aja yg boyband girlband nya lypsinc.Di korea memang ada,tapi sebisa mungkin mereka nyanyi secara live.Hello!Masih mau bilang gak berbakat dan gak akan bertahan lama? Coba deh situ coba ikut audisi jadi idola kpop,kadang yg bagus aja ditolak apalagi situ?
    Artis dunia aja puji artis kpop kok,karena musiknya yang anti mainstream bahkan nonton konser mereka.Ini cuma baru sebagian aja kelebihan musik kpop,yang lain? Anda cari sendiri dan temukan betapa banyaknya dan kuatnya Kpop

    BalasHapus