Kamis, 03 Mei 2012

masa depan boyband dan girlband di indonesia

Pada tahun 2011 terjadi fenomena unik di biantika musik Indonesia. Fenomena tersebut adalah bermunculannya boyband dan girlband. Kemunculan boyband/girlband ini sontak saja mengguncang dunia musik yang awalnya dipenuhi dengan band-band beraliran melayu.

Fenomena boyband dan girlband ini sekarang ini kian merebak di blantika musik Indonesia. Dengan lirik yang sederhana yang dihiasi dengan lenggak - lenggok koreografi membuat boyband atau girlband ini banyak digilai masyarakat Indonesia khususnya kaum remaja.
Sebenarnya apa sih boyband/girlband itu dan seperti apa sejarahnya sehingga mampu memberi warna tersendiri dalam aliran musik atau pasar musik saat ini.
Boy band adalah sejenis kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga anggota atau lebih, semuanya penyanyi laki-laki muda. Biasanya anggota boy band selain menyanyi juga menari dalam pertunjukan mereka. Mereka biasanya dibentuk oleh seorang manajer atau produser rekaman dengan cara mengadakan audisi, di mana para peserta diuji penampilannya, kemampuan menyanyinya, dan kemampuan berdansanya. Mereka biasanya tidak memainkan alat musik sendiri. Namun entah karena jaman globalisasi ataupun emansipasi, kini yang bernyanyi dengan koreografi bukan hanya para pria yang memiliki paras tampan saja, namun kini mulai bermunculan para wanita cantik yang terbentuk dalam suatu grup atau yang dinamakan "girl band" yang mampu mempesona para penikmatnya dengan lenggak - lenggok tubuh mereka yang diatur secara rapih.
Lantas, apakah boyband/girlband Indonesia akan bisa bertahan atau bahkan malah berkembang di biantika musik Indonesia di masa depan? Itu sulit untuk dijawab, karena tidak semua penampilan mereka mendapat pujian dari masyarakat. Masih ada boyband/girlband yang justru mendapat kecaman dari berbagai pihak karena suatu masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar